Selasa, 22 Juni 2010

Penuntun Penulisan Laporan Proyek Akhir Praktikum

BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Praktikum adalah salah satu dari rangkaian akademik perkuliahan dalam pengaplikasian dan pemahaman materi yang di dapat oleh seorang mahasiswa. Pemahaman tersebut perlu diaplikasiakan langsung dalam bentuk proyek dalam bentuk produk berupa software/aplikasi/system. Nilai praktikum memiliki bobot 1 SKS dengan durasi 100 menit. Laporan praktikum ini diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk membuat sebuah software/aplikasi/system dan membuat sebuah karya ilmiah serta pembelajaran untuk pembuatan laporan Praktik Kerja Lapangan dan juga penulisan skripsi.

1.2  Tujuan dan Manfaat
                 Tujuan
Memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa dalam rangka menerapkan/membandingkan teori dan pengetahuan yang telah dierima di dalam perkuliahan atau praktikum dengan situasi nyata menjadi sebuah produk/software/aplikasi/system.
                 Manfaat
Setelah membuat laporan proyek diharapkan mahasiswa dapat:
1.    Mengenal/mengetahui kebutuhan sebuah perangkat lunak
2.    Menyesuaikan (menyiapkan) diri dalam menghadapi tugas-tugas mandiri, lingkunngan PKL dan laporannya, dan rencana kearah pembuatan skripsi
3.    Mengetahui/melihat secara langsung penggunaan/peranan teknologi informasi, bahasa pemrograman sebagai implementasi dan tujuan pembelajaran.
4.    Menyajikan hasil-hasil yang diperoleh selama pengerjaan proyek dalam bentuk Laporan proyek akhir praktikum
5.    Menggunakan hasil atau data proyek akhir praktikum untuk dikembangkan menjadi topik PKL bahkan Tugas akhir/skripsi..

Tidak ada komentar: