Rabu, 19 Mei 2010

Tips Berkomunikasi dengan Dosen

Komunikasi adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih komunikasi antara mahasiswa dengan dosen. Komunikasi ini diperlukan tips dan trik khusus dalam pelaksanaannya. adapun komunikasi tersebut antara lain:

1. Komunikasi langsung tatap muka
Komunikasi ini biasanya membutuhkan persiapan ektra bagi orang yang memiliki kepercayaan diri rendah (kurang PD). Untuk memulai pembicaraan perlu kata-kata pembukaan. Tetapi biasanya dosen yang memulai diskusi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan jadi kita tinggal menjawab pertanyaan tersebut. Kemudian untuk menjadikan diskusi lebih lancar alangkah baiknya jika kita balik memberikan pertanyaan/menanyakan hal-hal yang sudah kita persiapkan dirumah. Jangan sekali-kali mengucapkan kata-kata yang menyinggung perasaan karena kita akan dianggap mahasiswa kurang sopan yang imbasnya kita akan malas/malu/segan menjumpai dosen untuk diskusi-diskusi sekanjutnya. Baca buku-buku teori kepribadian dan psikologi (walaupun tidak ada hubungannya dengan keilmuan kita) tetapi ada juga manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan membentu proses kedewasaan kita.

selain itu dalam pertemuan tatap muka langsung,(1) jangan lupa membuat janji beberapa hari sebelumnya agar waktunya tidak sia-sia dimana dosen lebih fokus dalam membimbing kita dan tidak mengganggu aktivitas dosen itu sendiri, (2) lihat prilaku dosen saat kita jumpai apakah sedang santai atau sibuk,(3) jika sedang berarti ia siap untuk membimbing dan berdiskusi, namun (4) jika sedang dalam keadaan sibuk, perlu dipertimbangkan apakah bisa diganggu/boleh minat waktunya sebentar/tidak, apabila memang tidak bisa maka kita perlu mengatur jadwal pertemuan selanjutnya, (5) Mintalah maaf sebelum meminta bantuan/tolong/mohon izin dan lain-lain kepada dosen dan orang disekitar kita.


2. langsung - tidak langsung
Maksudnya komunikasi langsung menggunakan telepon, banyak kasus komunikasi ini kurang baik dikalangan mahasiswa karena terkesan terbawa ego dan jiwa muda. Bersuaralah dengan sopan dan lembut (bukan lebay/alay) agar dosen senang berbicara dan berkomunikasi dengan kita ingat komunikasi melalui telpon biiasanya lebih formil dari langsung tatap muka karena harus ada kata pembuka dan kata penutup diikuti ucapan salam (diawal) san salam serta ucapan terima kasih (diakhir).
misal :
a. Membuat janji bertemu
Kata-kata Pembuka:
"Assalamualaikum..Selamat pagi pak, Saya Rancho, Mahasiswa bimbingan bapak dari Ilmu Komputer. Hari ini saya bisa menjumpai Bapak dimana ya pak?."


kata-kata Penutup:
"O...di Ilkom jam 11.00 ya pak... terima kasih pak...selamat pagi...assalamualaikum."

"Assalamualaikum..Selamat siang pak, Saya Rancho, Mahasiswa bimbingan bapak dari Ilmu Komputer. Saya mau mengantar udangan seminar Proposal/Skripsi saya untuk bapak, saya bisa bertemu Bapak dimana ya pak?."


selain contoh kata-kata melalui telepon tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah kata-kata dalam SMS (pesan singkat).

demikian tips dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: