Minggu, 03 Juli 2011

TIPS PEMBAYARAN SPP DAN PENGISIAN KRS ON-LINE

TIPS PEMBAYARAN SPP DAN PENGISIAN KRS ON-LINE

Pembayaran SPP dan Pengisian KRS adalah hal penting apada awal semester baik ganjil maupun genap ataupun tahun ajaran baru. Bagi mahasiswa tahun pertama dan tahun kedua perlu memperhatikan dan mencari informasi penting tentang tata cara dan tanggal-tanggal penting mengenai Pembayaran SPP dan pengisian KRS. Berikut ini beberapa tips agar semua proses tersebut lancar tanpa kendala.

TIPS PEMBAYARAN SPP:

1. Cari tahu tanggal pembayaran SPP dari situs USU, Pengumuman di Kampus, dan dari Blog/website yang di posting oleh kampus atau lainnya yang akurat. Catat tanggal pembayaran SPP, karena jika melewati masa yang ditentukan harus melapor kebeberapa tempat untuk meminta persetujuan pemabayaran, hal ini akan melelahkan anda sendiri.

2. Pembayaran SPP dilakukan secara MANUAL/langsung dibayarkan keloket di Bank BNI, Bank Sumut, dan Bank BTN. Dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

3. Pembayaran SPP biasanya dibayarkan pada akhir semester dilakukan untuk membayar SPP semester berikutnya. Untuk mahasiswa USU Pembayaran SPP dilakukan di BANK BNI 46, BANK SUMUT, BANK BTN baik Cabang Medan, Cabang USU, cabang lainnya dan loket-loket Bank di Dalam maupun diluar kota di propisnsi Sumatera Utara (yang melayani pembayaran SPP mahasiswa USU). Untuk luar propinsi tanyakan ke bagian Customer Service Bank BNI, Bank SUMUT, Bank BTN setempat, apakah melayani pembayaran SPP mahasiswa USU).

4. INGAT! Pembayaran hanya dapat dilakukan di BANK BNI, BANK SUMUT, BANK BTN Konvesioal. BANK SYARIAH "Tidak Menerima" Pembayaran SPP Mahasiswa USU.

5. Agar pembayaran lancar dan menghindari antrian panjang, cari BANK BNI yang jauh dari keramaian dan dekat dengan tempat tinggal, misal di Cabang TELKOM DIVRE I, Jln. HM Yamin/Serdang (depan Analisa), Bank BNI Kampung Lalang, Bank BNI Belawan, Bank BNI Petisah, Dll.
TETAPI DIKARENAKAN SUDAH BANYAK BANK YANG DAPAT MENERIMA PEMBAYARAN SPP USU, MUNGKIN TIDAK PERLI JAUH-JAUH DARI TEMPAT TINGGAL ANDA/JAUH DARI USU.

6. Agar tidak membuang-buang waktu untuk mengantri datang ke Bank pada waktu pagi hari, siang hari usai istirahat dan sore hari (tergantung konsisi dilapangan).

7. Setelah membayar SPP, mintalah bukti pembayaran SPP yang telah dibayarkan. Bukti pembayaran/Slip SPP tergantung bank terkait. Ada beberapa Bank yang memberikan Slip SPP hanya satu lembar ada yang memberikan 3 lembar (warna merah, kuning, dan putih, kalo tidak salah ingat ^_^).

8. Simpanlah Slip/Bukti Pembayaran SPP, kemudian serahkan ke Tata Usaha untuk dilegalisir (jika hanya satu lembar fotocopi rangkap 1, slip asli untuk mahasiswa, fotocopi untuk Tata Usaha), (jika ada 3 lembar setelah dilegalisir slip warna putih uantuk mahasiswa, sisanya diserahkan ke Tata Usaha).

9. Buka Portal Akademik, lalu buka menu REGISTRASI>>Klik Regisrasi. pastikan anda sudah teregistrasi pada tahun ajaran baru.

Catatan Khusus:
Bagi mahasiswa Luar Kota dan Luar Propinsi, Pembayaran SPP dapat diwakilkan dengan teman dekat/teman yang dapat dipercaya.




TIPS Pengisian KRS:

1. Cari informasi mengenai pengisian KRS melalui situs USU, pengumuman kampus dan sumber lain yang akurat mengenai tanggal pengisian KRS. Catat tanggal masa pengisian KRS.

2. Cari Daftar Matakuliah yang akan diambil (WAJIB), baik matakuliah wajib, mengulang/perbaikan maupun semester atas. Catat Kode Matakuliah, Nama Matakulian dan SKS untuk menghindari kesalah pengisian KRS.

3. Konsultasikan perkembangan akademik anda dengan dosen penasehat akademik dikampus untuk perencanaan akademik anda kedepan. Jangan ragu-ragu untuk melakukan konsultasi, walaupun saat ini fungsi dan peran dosen penasehat akademik kuran maksimal tergantung dosen yang bersangkutan.

4. Cari Informasi mengenai Jadwal Matakuliah Semester Berikutnya (jika belum ada, cukup matakuliah wajib saja yang diisi untuk menghindari bentrokan jadwal kuliah).

5. Pada masa awal pengisian KRS bukalah Portal Akademik di lingkungan USU untuk akses cepat.

6. Untuk dapat mengakses portal dengan lancar buka portal pada jam-jam tertentu misalnya; pagi hari, sore hari dan malam hari dimana tidak terjadi penumpukan antrian pengguna portal di situs USU.

7. Dalam pengisian Portal pada saat pengisian KRS :
>> Hindari pangirian Kode Matakuliah (cek bila terjadi perbedaan antara portal
dengan catatan dipengumuman kampus)
>> Hindari memasukkan kelas kuliah, misal kelas a, kelas b, kelas c.
>> Pastikan proses pendaftaran matakuliah yang diambil telah sukses/berhasil didaftarkan.

8. Pengisian Portal tidak harus dilakukan di Kampus USU, dapat juga dilakukan diluar Kota/propinsi.

9. KRS yang sudah selesai siap untuk dicetak, klik Print, kemudian simpan halaman yang akan diprint tadi kedapam hardisk, flasdisk, email, CD, DVD, dsb.

10 Cetak KRS rangkap 3 kemudian minta tanda tangan Dosen Penasehat akademik dan serahkan ke Tata Usaha satu lembar.


Catatan Khusus:
Pengisian KRS dapat Diwakilkan oleh teman/saudara/wali dsb. Dengan melampirkan surat Kuasa.


Agar tidak mengganggu liburan anda dan menghemat biaya untuk tidak kembali ke medan. Segala urusan anda dapat diwakilkan kepada teman dekat/teman yang dapat dipercaya untuk menjadi kuasa anda dalam mengurus segala proses administrasi anda (jangan lupa ucapan terimakasihnya).

download format surat kuasa : http://www.4shared.com/document/jR6VICCe/SURAT_KUASA_KRS.html


sekian tips dari penulis, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar: