Kamis, 24 Maret 2011

Tips dan Trik pada Menghadapi Wisuda




"Wisuda suatu Moment Spesial Yang Tak Kan Pernah Terlupakan"

Anda adalah orang yang paling beruntung di dunia ini, karena tidak semua orang memiliki kesempatan dan keberhasilan seperti anda, oleh karena itu manfaatkan kesempatan dan amalkanlah keberhasilan anda kepada orang lain.
Bagianda yang akan menghadapi wisuda berikut beberapa tips dan trik menghadapi wisuda agar dapat berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.


1. Menghadiri/Mengikuti Pengarahan dan Gladi Resik

Pastikan anda hadir dan mencatat hal-hal penting pada saat pengarahan wisuda seperti undangan wisuda, baju dan topi toga serta informasi dan perlengkapan lainnya yang dianggap perlu. Untuk undangan wisuda biasanya untuk mahasiswa berprestasi akan mendapatkan 2 undangan (satu untuk orang yang akan mendapingi kita pada saat diwisuda [berstempel BERPRESTASI] dan satu lagi untuk undangan yang akan duduk di podium) untuk wisudawan/wati tidak perlu membawa undangan undangan. Ketentuan mengenai anda termasuk berprestasi atau tidak ditentukan oleh fakultas. Pada umumnya wisudawan berprestasi ialah wisudawan
dengan IPK >=3.00 dengan lama studi < 6 tahun untuk S1, < 4 tahun untuk DIII. Pengarahan dan Gladi Resik dilakukan 1 minggu sebelum hari H (wisuda berlangsun). Pastikan anda tepat waktu pada saat mengikuti pengarahn dan gladi resik. Karena hal tersebut akan mempermudah urusan anda dan mencerminkan sosok seorang sarjana yang baik.

2. Menentukan Tempat Penginapan

Hal ini biasanya sangat perlu disiapkan sebelum wisuda berlangsung. Apalagi bagi anda yang berasal dari luar kota dan mempunyai keluarga besar. Tempat penginapan sementara dapat ditentukan jauh-jauh hari sebelum wisuda (minimal satu minggu sebelum hari H. Biasanya penginapan di sekitar USU akan penuh sampai H+3 wisuda. Bagi anda yang ingin berhemat manfaatkan penginapan di tempat saudara/kerabat/tetangga yang tinggal di Medan walaupun lokasinya jauh dari USU. bagi anda yang berasal dari  luar kota dan tidak ada saudara/kerabat/tetangga dapat menggunakan fasilitas umum seperti wisma USU, dan penginapan terdekat seperti di Jl. KH Wahid Hasyim, Daerah Padang Bulan dan penginapan lain yang dekat dengan kampus USU. Pastikan jumlah orang yang akan menghadiri wisuda kita, karena pemesanan kamar/penginapan sangat penting untuk menghindari biaya tambahan dari penginapan yang terlalu banyak. Jika sudah pasti segera pesan dan panjar tempat penginapan tersebut.

3. Menentukan  Transportasi

Transportasi untuk menuju tempat wisuda juga sangat penting karena pada hari H akan banyak mobil pribadi, bus rombongan dan angkutan umum sewaan. jadi pastikan transportasi yang akan digunakan dapat nberjalan dengan lancar termasuk jalan yang akan dilalui untuk menghindari kemacetan yang mengakibatkan keterlambatan anda dan keluarga di tempat wisuda. Untuk anda yang jauh dari kampus USU dapat menyewa becak, angkot atau mobil rental untuk menuju ke tempat wisuda.

4. Menentukan Tempat Salon dan Penyewaan Kebaya

Bagi wisudawati hal ini sangat krusial karena memerlukan waktu yang sedikit panjang untuk berpenampilan maksimal pada saat di wisuda. Bagi para pria mungkin tidak manun bagi orang tua yang ingin meberikan penampilan terbaik di hari bahagianya juga perlu menentukan tempat salon yang akan merias anda dan orang tua. Selain salon, pakaian yang diwajibkan bagi wanita adalah menggunakan pakaian nasional yaitu kebaya. Bagi anda yang tidak memiliki kebaya segera mencari dan memesan jauh-jauh hari baju kebaya yang akan anda gunakan nanti.

5. Menentukan Tempat Berkumpul dan Foto Wisuda

Ketika wisuda berlansung semua orang pasti ingin mengabadikan moment tersebut sebagai bagian dari sejarah anda. Untuk menghindari kebingungan dan kehilangan keluarga anda. Pantikan telah menentukan dimana anda dan keluarga akan berkumpul ketika keluar dari auditorium. Untuk pemesanan tempat foto wisuda biasanya akan ada stan foto dari masing-masing himpunan mahasisa departemen atau program studi anda, atau kenalan dari teman. Jika tidak dapat ditentukan di lapangan/pada saat hari H. Atau jika anda diwisuda hari ke 2, dapat melihat/memesan pada hari pertama. Lokasi berkumpul sekitar Auditorium: parkiran sebelah  kanan dan kiri, belakang auditorium. Bagi anda yang akan foto studio juga harus mencari informasi mengenai harga
dan lokasi agar disesuaikan dengan jadwal orang tua dan keluarga anda sebelum pulang kampung.

6. Menentukan Tempat Makan Bersama
Jika anda berasal dari luar kota ingin membawa keluarga makn bersama, tentukan tempat makan yang murah, mudah dituju, lokasi luas dan berkesan. Karena jika tidak hal sepele tidak dapat terfikirkan lagi fokus dengan wisuda. Cara lain yang sering di lakukan adalah membawa bekal dari rumah dan makan bersama di sekitar auditorium USU (bawalah peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan). Bagi anda yang tinggal di Medan atau memiliki saudara  dan berniat mengadakan syukuran dapat mempersiapkan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tips: jangan membuat acara syukuran wisuda pada hari itu juga, karena banyak yang melaksanakan hal yang sama, saran H+1 atau H+2 agar teman sesama wisudawan dapat kesempatan menghadiri syukuran.

7. Memberikan Pengarahan Kepada Orang Tua dan Keluarga

Hal ini sangat penting di beritahukan kepada orang tua atau keluarga yang akan menghadiri ketika anda diwisuda. PERTAMA: berikan undangan wisuda kepada orang tua/wali siapa yang akan mendapingi anda dan yang duduk di podium. Kapan orang tua yang akan mendapingi wisudawan/wati masuk (bisanya mereka masuk lebih dulu) dan kapan undangan yang akan duduk di podium masuk ke auditorium (biasanya undangan 2 masuk setelah wisudawan/wati masuk ke auditoium). KEDUA: Bicarakan sebelumnya lokasi dan kondisi auditorium terutama tempat-tempat penting seperti pintu masuk/keluar dan toilet. KETIGA: Dimana orang tua / keluarga menunggu kita keluar. Pintu yang aman untuk keluar dengan lancar adalah pintu samping kanan dan samping kiri podium. Sehingga orang tua/keluarga dapat menunggu di samping kanan/kiri aditorium. Pintu utama akan penuh oleh wisudawan/wati orang tua/undangan dan orang-orang yang akan memberikan selamat kepada anda dan wisudawan/wati.

8. Menyiapkan Sarapan Pagi

Prosesi wisuda sangat panjang dan melelahkan. Bagi anda/orang tua/keluagra yang memiliki sakit magh/lainnya diharapkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat wisuda atau membawa bekal secukupnya.

9. Mengingat di mana Posisi Anda

Pada saat diwisuda anda akan mendapat No. urut wisudawan dari masing-masing fakultas. Nomor tersebut adalah nomor undangan dan menjadi nomor tempat duduk anda serta nomor urut anda di panggil saat akan mengambil tagung dan selempang tanda anda diwisuda. INGAT ! siapa yang ada di depan dan belakang anda, dan anda termasuk dalam gelombang keberapa. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahan pada saat anda dipanggil untuk menerima tabung dari rektor dan selempang dari dekan jangan sampai anda maju pada saat belum dipanggil karena akan mengacaukan urutan pemanggilan yang lain. Hal ini dapat berakibat fatal.

Oleh: Suharsono

Tidak ada komentar: